GAMBARAN UMUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Jakarta cabang Tanjung Karang, dimana perkuliahan pertama kali dimulai pada tahun akademik 1966/1967. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 1968, IKIP Jakarta Cabang Tanjung Karang diintegrasikan ke dalam Universitas Lampung menjadi 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Fakultas keguruan sendiri terdiri dari Jurusan Civic Hukum, Pendidikan Ekonomi Perusahaan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Matematika. Sedangkan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Umum.
VISI
“Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dan adaptif dalam menghasilkan lulusan yang memiliki sikap, wawasan, dan keterampilan profesional yang berdaya saing di tingkat nasional maupun global”
VISI
Penjelasan:
Visi Program Studi Pendidikan Sejarah di atas sejalan dengan visi institusi yang menaunginya yakni Universitas Lampung yang memiliki visi menjadi 10 terbaik universitas di Indonesia dan FKIP yang memiliki visi untuk menjadi LPTK yang adaptif.
Unggul bermakna bahwa Program Studi Pendidikan Sejarah harus menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.
Adaptif mempunyai makna bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah harus mampu menyesuaikan diri dengan segala bentuk perubahan zaman.
MISI
- Menyelenggarakan proses pendidikan yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghasilkan sarjana yang profesional, berkarakter, adaptif dengan perkembangan zaman serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional
- Melaksanakan program penelitian yang berbasis kependidikan sejarah, kesejarahan dan budaya yang dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas dan inovasi baru dibidang pendidikan sejarah
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan, kesejarahan dan budaya, yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
- Menjalin kemitraan dengan masyarakat dan lembaga terkait (Perguruan Tinggi, sekolah, dan stakeholders) di tingkat lokal, nasional dan internasional secara berkelanjutan.
TUJUAN
- Menghasilkan sarjana yang profesional, menguasai IPTEK dan berdaya saing tinggi dibidang pendidikan sejarah
- Menghasilkan tenaga peneliti yang bermutu dan menunjang proses pembelajaran untuk memecahkan masalah diberbagai bidang .
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dibidang kependidikan sejarah, kesejarahan, dan budaya melalui kegiatan pengabdian yang inovatif, progresif dan kreatif
- Menjalin kerjasama yangs aling menguntungkan dengan berbagai pihak demi mewujudkan program studi yang unggul
SASARAN
SASARAN STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
- Sasaran strategis yang ingin dicapai berkaitan dengan tujuan pertama yakni fasilitas Pendidikan dan pembelajaran di program studi yang bermutu untuk mencapai daya saing yang tinggi.
- Sasaran strategis yang ingin dicapai berkaitan dengan tujuan kedua yakni penguatan mutu penelitian yang dapat memberikan kontribusi secara langsung pada permasalahan Pendidikan dalam konteks pembelajaran sejarah dan kesejarahan.
- Sasaran strategis yang ingin dicapai berkaitan dengan tujuan ketiga yakni penguatan bidang pengabdian yang memberikan pengembangan kualitas masyarakat
- Sasaran strategis yang ingin dicapai berkaitan dengan tujuan keempat yakni terjalinnya Kerja sama yang saling menguntungkan untuk menjadikan program studi Pendidikan Sejarah yang unggul.Program Studi Pendidikan Sejarah pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dan adaptif
Jumlah Dosen Prodi :
Memiliki 17 dosen lulusan S2 dan S3 dari kampus ternama di Indonesia dan memiliki bidang keahlian yang sesuai.
Keunggulan Pembelajaran & Prestasi Prodi :
Pembelajaran diarahkan pada kecakapan abad 21 dengan menerapkan model pembelajaran terkini dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan. Kurikulum pembelajaran sudah mengakomodir rekognisi SKS dalam kegiatan MBKM sehingga membuka peluang mahasiswa dalam berkegiatan di luar kampus dalam mengimplementasikan pembelajarannya.
Prestasi Mahasiswa :
- AISEEF 2022 Tingkat Internasional Juara 1
- ASEAN Innovative Science Environmental and Enterpreneur Fair 2022 Tingkat Internasional Juara 1
- Global Competition for Life Science (GloCoLiS) 2022 Tingkat Internasional Juara 1
- Global Competition for Life Science (GloCoLiS) 2022 Tingkat Internasional Special Award from Malaysia Young Scientific Organization
- Indonesia International IoT Olimpyad (Education) 2022 Tingkat Internasional Juara 3
- Kompetisi Indonesia Internasional IoTOlimpiade (I3o) Bidang Education 2022 Tingkat Internasional Silver Medal
- Kompetisi Indonesia Internasional Iot Olimpiade (I3o) Bidang IoT Education 2022 Tingkat Internasional Gold Medal
- Kompetisi Indonesia Internasional Iot Olimpiade (I3o) Bidang IoT Education 2022 Tingkat Internasional Juara 1
- KTI 2022 Tingkat Internasional Juara 1
- Lomba Karya tulis Ilmiah Iot Olimpic (IoT) 2022 Tingkat Internasional Juara 3
- MIPA Road to Scientific Paper Competition MARS #: Optimizing the Role of Young Generation to Face Sustainability After the Pandemic 2022 Tingkat Internasional Juara 3
- Youth International Science Fair 2022 Tingkat Internasional Bronze Medal
- Youth International Science Fair 2022 Tingkat Internasional Silver Medal
Peluang Karir Lulusan Prodi :
Pendidik, Peneliti, Sejarawan, Konsultan Wisata Budaya dan Sejarah, dan Jurnalis.
Akreditasi Prodi : Terakreditasi B oleh BAN-PT dengan SK No. 6894/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020, Berlaku sejak tanggal 1 November 2020 sampai dengan 1 November 2025. Link Sertifikat : https://drive.google.com/file/d/1hD5aOiqrem9HaALQtRKnLH30f3204Pyy/view
SK Pendirian Prodi :
Nomor 6402/D/T/K-N/2011