
GAMBARAN UMUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Jakarta cabang Tanjung Karang, dimana perkuliahan pertama kali dimulai pada tahun akademik 1966/1967. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 1968, IKIP Jakarta Cabang Tanjung Karang diintegrasikan ke dalam Universitas Lampung menjadi 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Fakultas keguruan sendiri terdiri dari Jurusan Civic Hukum, Pendidikan Ekonomi Perusahaan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Matematika. Sedangkan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Umum.
VISI
“MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN SEJARAH UNGGUL DAN ADAPTIF DALAM MENGHASILKAN LULUSAN YANG PROFESIONAL BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN MULTIKULTUR”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan sejarah yang berkualitas dengan mengintegrasikan inovasi pembelajaran berbasis teknologi dan sumber daya, untuk menghasilkan lulusan pendidikan sejarah yang kompeten dan kreatif dalam memfasilitasi pembelajaran yang kontekstual dan relevan.
- Melaksanakan penelitian yang inovatif dan berkelanjutan di bidang pendidikan sejarah, sejarah dan kebudayaan, khususnya sejarah Lampung, kolonisasi, dan multikulturalisme, serta memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kontribusi akademik di tingkat lokal, nasional dan internasional.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis bidang pendidikan sejarah, sejarah dan kebudayaan, melalui kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran sejarah, literasi budaya, dan partisipasi aktif masyarakat dalam pelestarian sejarah dan kebudayaan lokal.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan unggul dalam
bidang pendidikan sejarah, yang berperan sebagai calon pendidik sejarah, pengembang media
pembelajaran sejarah, peneliti sejarah, dan jurnalis sejarah dengan
berbasis nilai-nilai kearifan lokal berwawasan multikultur yang mampu
bersaing di dunia kerja. - Menghasilkan penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat yang inovatif, berfokus pada pemecahan masalah
pembelajaran sejarah dan historiografi, dengan publikasi yang diakui
secara nasional dan internasional. - Menjadi program studi adaptif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui penguatan jaringan kerja sama
dengan institusi lokal, nasional, dan internasional untuk mendukung
pengembangan pendidikan sejarah berbasis multikulturalisme dan kearifan
lokal untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian
sejarah dan budaya lokal.
- Menghasilkan lulusan unggul dalam
SASARAN
SASARAN STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
- Pendidikan:
1) Peningkatan kualitas lulusan dengan target
minimal 90% lulusan memiliki kompetensi pedagogis dan kemampuan inovatif dalam
mengajar sejarah yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.2) Pengembangan kurikulum yang adaptif
terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan sekolah dalam pembelajaran sejarah
lokal, dengan implementasi minimal satu inovasi pembelajaran baru setiap tahun.- Penelitian:
1) Setiap dosen minimal mempublikasikan satu
artikel ilmiah per tahun di jurnal nasional atau internasional yang terkait
dengan sejarah lokal dan pengembangan inovasi dalam pengajaran sejarah.2) Peningkatan jumlah penelitian berbasis
sejarah lokal Lampung yang relevan dengan tantangan masa kini, serta diseminasi
hasil penelitian dalam bentuk workshop atau seminar untuk masyarakat.- Pengabdian
kepada Masyarakat:
1) Peningkatan partisipasi dosen dan
mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan edukasi
sejarah lokal dan nasional, dengan target minimal dua kegiatan besar per tahun.2) Meningkatkan kesadaran dan literasi sejarah di kalangan masyarakat Lampung melalui berbagai kegiatan seperti seminar, pelatihan, dan publikasi popular mengenai sejarah lokal, serta menjalin kerja sama dengan minimal tiga lembaga dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian setiap tahunnya.
Jumlah Dosen Prodi :
Memiliki 17 dosen lulusan S2 dan S3 dari kampus ternama di Indonesia dan memiliki bidang keahlian yang sesuai.
Keunggulan Pembelajaran & Prestasi Prodi :
Pembelajaran diarahkan pada kecakapan abad 21 dengan menerapkan model pembelajaran terkini dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan. Kurikulum pembelajaran sudah mengakomodir rekognisi SKS dalam kegiatan MBKM sehingga membuka peluang mahasiswa dalam berkegiatan di luar kampus dalam mengimplementasikan pembelajarannya.
Peluang Karir Lulusan Prodi :
Pendidik, Peneliti, Sejarawan, Konsultan Wisata Budaya dan Sejarah, dan Jurnalis.
Akreditasi Prodi : Terakreditasi B oleh BAN-PT dengan SK No. 6894/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020, Berlaku sejak tanggal 1 November 2020 sampai dengan 1 November 2025. Link Sertifikat : https://drive.google.com/file/d/1hD5aOiqrem9HaALQtRKnLH30f3204Pyy/view
SK Pendirian Prodi :
Nomor 6402/D/T/K-N/2011