Universitas Lampung sudah mulai menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum MBKM dilakukan untuk menjamin mutu pelaksanaannya.
Prodi Pendidikan Sejarah pada tanggal 3 Agustus 2023 telah melakukan monev yang diselenggarakan oleh pusat MBKM Universitas Lampung. Adapun hasil dari monev tersebut yakni, bahwa Prodi Pendidikan Sejarah melalui kurikulumnya telah mendukung penuh kegiatan MBKM. Kepada Mahasiswa semester 5, 6 dan 7 Prodi Pendidikan Sejarah telah memberikan keleluasaan untuk mengikuti program-program MBKM, Seperti Kampus Mengajar, Studi Independent, Magang maupun KKN Tematik/Membangun Desa.
Selain itu, Prodi Pendidikan Sejarah dalam kurikulumnya telah menyediakan matakuliah wajib, matakuliah pilihan dan matakuliah peminatan yang bertujuan untuk menjamin konversi matakuliah sebagai dukungan penuh prodi terhadap program MBKM.
Pada pelaksanaan monev tersebut Pusat MBKM Universitas Lampung telah mengakui bahwa Prodi Pendidikan Sejarah merupakan prodi penyumbang kegiatan MBKM terbanyak di FKIP Unila. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Prodi Pendidikan Sejarah dinilai sudah adaptif dalam program MBKM dan mampu merekognisi kegiatan MBKM dalam kurikulumnya.